Recent Posts

Pengertian Singkat Hypnosis

20/06/17

Hipnosis adalah keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidak sadar sama sekali[1]. Lalu apakah hipnosis itu hanya sebuah fenomena, seni, ilmu, teori, persepsi, proses komunikasi, atau sungguh-sungguh sebuah bagian dari kehidupan?.

Secata Etimology Istilah Hypnosis berasal dari kata Yunani kuno Hypnos, ‘tidur’, dan ditambahi dengan akhiran Osis yang bermakna ‘ditidurkan’.[2] Kata-kata "hipnosis" dan "hipnotis" baik berasal dari istilah "neuro-hipnotis" (tidur saraf), yang semuanya diciptakan oleh Étienne Félix d'Henin de Cuvillers pada tahun 1820. Kata-kata ini dipopulerkan dalam bahasa Inggris oleh ahli bedah Skotlandia James Braid sekitar 1841. Braid berdasarkan praktek yang dikembangkan oleh Franz Mesmer (1735-1815) dan para pengikutnya (yang disebut "mesmerisme" atau "magnet binatang".[3] Sejak saat inilah sejarah moderen hipnosis dimulai.

Hypnosis dilakukan dengan cara induksi[4] untuk masuk ke alam bawah sadar dengan menggunakan mental tiggers dalam komunikasi tertentu. Ada ratusan induksi hipnosis yang berbeda, tetapi mereka semua jatuh ke dalam kategori dasar: Fiksasi mata, relaksasi, kebingungan mental, kejutan, post-Hypnotic Suggestion (baca: Induksi)

Hipnosis adalah pendekatan komunikasi yang sangat mungkin dan paling ampuh yang pernah disusun. Mengapa? Karena memungkinkan untuk berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar seseorang. Sementara pikiran sadar menikmati kontrol ilusi. Hal itu sebenarnya, kesadaran yang membuat keputusan penting dalam kehidupan seseorang. Artinya bahwa jika anda bisa berhubungan dengan kesadaran seseorang, Anda bisa sangat berpengaruh pada orang itu.[5]

[1] Http://kbbi.web.id/hipnosis, diakses tanggal 15 Mare t 2017

[2] Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek-English Lexicon, www.perseus.tufts.edu

[3] Istilah mesmerized, yang merupakan sinonim hypnotized berasal dari Karya Mesmer.

[4] Induksi adalah proses ‘menidurkan orang’

[5] Jamie Smart, The Top 10 Secrets of Conversational Hypnosis, 2005, diakses pada 26 Desembe 2017. Hlm 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar